Menulis Cepat ~ Tidak Ada Waktu ? (Part 1)

Hai NV's Visiters! Selamat datang ^_^

Bagaimana waktu kamu hari ini? Apakah dapat kamu manfaatkan dengan baik? Atau sebaliknya? Semoga yang kurang memaksimalkan waktunya hari ini dapat berubah ya.. Aamiin..



Oke, kali ini Nanta akan menyarankan sebuah  tips tentang menulis cepat bagi kamu yang merasa tidak punya waktu menulis. 


Jika kamu punya waktu jalan-jalan, untuk jajan, untuk menonton TV berjam-jam, kamu seharusnya punya waktu untuk menulis. Kamu bisa jajan di mana saja dan kapan saja. Kamu pun bisa menulis di mana saja dan kapan saja.


Seorang penulis yang baik biasanya juga pencatat yang baik. Mereka mencatat hal-hal penting yang mereka dapatkan dari bacaan. Mereka mencatat kejadian-kejadian yang menarik perhatian mereka. Mereka mencatat di mana saja. Mungkin di cafe, mungkin di warung makan, mungkin di tepi jalan. Karena itulah soal sempitnya waktu rasanya merupakan alasan yang tidak masuk akal.


Kamu tidak punya laptop untuk melakukannya di mana-mana? Asal kamu tahu, kamu memang hanya butuh buku catatan dan beberapa pena.Kamu tidak perlu nyombong dengan mendemonstrasikan pemakaian laptop kamu di trotoar. Kamu tidak perlu membawa laptop kamu ke warung sate, di pinggir sungai, atau di depan bioskop.




Sisihkan lima sampai sepuluh menit waktu kamu : ambillah kertas dan pena. lalu menulislah. Dengan cara demikian kamu akan merasakan bahwa kamu tidak memerlukan mood untuk menulis, Mood adalah sesuatu yang harus di singkirkan jauh-jauh jika ia menjadi urusan yang menghambat kerja penulisan kamu.


Jadi, abaikan saja mood kamu. Jika kamu merasa waktu kamu terlalu sempit untuk menulis, maka menulislah secepat-cepatnya dalam waktu yang sempit. Menulislah apa adanya, seperti kamu bicara. Rahasia seorang penulis fiksi ilmiah yang produktif dan terkenal, Isaac Asimov, pernah mengungkapkan rahasia produktivitasnya, "Saya menjadi produktif, saya rasa, karena saya menulis secara simpel dan apa adanya."


Karena rahasianya itulah ia bisa menulis cepat. Dan karena bisa menulis cepat, Nanta yakin sekali bahwa Isaac Asimov adalah penulis yang yang baik. Sebaliknya,karena ia penulis yang baik, maka ia bisa menulis dengan cepat. 


Sorry teman-teman, karena kepanjangan, saya lanjutin di part 2 ya, hehe..
Wait! What the...?


Salam Hangat,
Nanta

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »